Saturday, March 9, 2013

KONSTRUKSI BANGUNAN



KONSTRUKSI BANGUNAN

            Batuan dan mineral merupakan sumber daya alam yang banyak dibutuhkan dan digunakan untuk kehidupan manusia, dan bahan dasar industri. Setelah ditemukan bahan-bahan tambang yang dapat digunakan untuk membuat alat atau benda yang menunjang sebuah bangunan seperti halnya barang logam dan mengolah bahan bahan alam seperti mengolah batuan kapur, pasir dan tanah. Dalam perkembangannya, manusia membuat bahan bahan bangunan dari hasil industri atau buatan manusia yang bahan-bahannya bakunya diambil dari alam.
Bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:
a. Semen
Semen adalah suatu bahan perekat hidrolis berupa serbuk halus yang dapat mengeras apabila tercampur dengan air. Semen terdiri dari batu lapur / gamping yang mengandung kalsium oksida (CaO), tanah liat (lempung) yang mengandung silika oksida (SiO2), aluminium oksida (Al2O3), besi oksida (Fe2O3) dan gips yang berfungsi untuk mengontrol pengerasan.
b. Pasir
Pasir adalah contoh bahan material butiran. Butiran pasir umumnya berukuran antara 0,0625 sampai 2 milimeter. Materi pembentuk pasir adalah silikon dioksida, tetapi di beberapa pantai tropis dan subtropis umumnya dibentuk dari batu kapur.
c. Air
Air yang digunakan harus bersih, segar dan bebas dari bahan-bahan yang merusak seperti, minyak, asam dan unsur organik.
d. Beton
Beton adalah suatu campuran yang terdiri dari pasir, kerikil, batu pecah, atau agregat-agregat lain yang dicampur menjadi satu dengan suatu pasta yang terbuat dari semen dan air membentuk suatu masa mirip-batuan.
e. Kayu
Salah satu kegunaan kayu adalah untuk bahan bangunan yang dibedakan sebagai kayu struktural (memikul beban) dan non struktural (tidak memikul beban).
f. Besi/ logam lain
Digunakan dalam plat baja, baja strip, sekrup/baut, paku, kawat, dan aluminium dimana mengandung mineral seperti biji besi, aluminium, sulfur, serta fosfor.
g. Batu bata
Batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat (lempung) yang dibakar sampai berwarna kemerah merahan.
h. Kaca
Kaca merupakan materi bening dan transparan (tembus pandang) yang biasanya di hasilkan dari campuran silikon atau bahan silikon dioksida (SiO2), yang secara kimia sama dengan kuarsa. Biasanya dibuat dari pasir kuarsa.
i. Lantai Bangunan
Merupakan komponen tempat kaki berpijak yang menjadi alas setiap ruangan yang terjadi baik di dalam maupun di luar bangunan. Bebatuan yang dipotong seperti marmer, granit dan limestone merupakan lantai alami. Bahan Penutup Lantai (Ubin PC/Tegel, teraso, keramik, vinyl, marmer, granit, karpet, raised floor).
j. Pengecatan
Merupakan pekerjaan penyempurnaan terakhir untuk memperhalus/memperindah penyelesaian komponen yang telah terpasang dimana terkandung mineral seperti mineral lempung, bentonite, titanium, sulfur, serta antimony.
k. Jalan
Material-materialnya antara lain tanah liat (lempung), pasir, kerikil, aspal (minyak bumi, sulfur)




No comments: