Saturday, January 22, 2011

KONSEP TEKNOLOGI

PENGERTIAN TEKNOLOGI
Secara etimologis kata teknologi berasal dari perpaduan antara dua buah akar kata yaitu “techne” atau “techton” dan “logops”, kedua-duanya berasal dari bahasa Yunani. Perpaduan dua kata tersebut menjadi teknologi yang berarti ilmu tentang keterampilan yang pada mulanya memiliki keberhimpitan wilayah antara wilayah seni dan wilayah sains. Defenisi tentang teknologi yang masih relevan dengan penggunaan pada masa kini adalah kecerdasan pengalaman praktis dari pengetahuan tentang ketertiban alam dan semesta yang dapat diwujudkan dalam bentuk kebendaan dan/atau dunia kecerdasan sendiri.
Definisi teknologi yang masih relevan dengan penggunaan pada masa kini adalah kecerdasan pengalaman praktis dari pengetahuan tentang ketertiban alam dan semesta yang dapat diwujudkan dalam dunia kebendaan atau dunia kecerdasan sendiri. Sebagai contoh, Frederick Ferre (1988) memberikan contoh dialog antara teknologi yang berpaham kebendaan dan kecerdasan seperti yang dimuat pada table 1
Paham bahwa teknologi berkaitan dengan produk berciri kebendaan
1. Kemajuan teknologi dicirikan oleh penggunaan bahan/material yang diproses dalam kegiatan industry/pertanian untuk meningkatkan volume dan ragam produk berupa perangkat keras (hardware)
2. Perubahan pla tanam tidak lain merupakan realitas kebendaan mulai dari penunjang kesuburan (pupuk), pemberantasan hama (pestisida), persiapan media tumbuh (tanah) pengatur suhu dan kelembaban dan lainnya merupakan sarana kecerdasan yang berakhir dengan material

Paham bahwa teknologi berkaitan dengan produk berciri kecerdasan
1. Kemajuan teknologi dicirikan oleh penggunaan cara (metode) baru (software). Misalnya cara bercocok tanam dua kali setahun menjadi tiga kali setahun dalam rangka meningkatkan volume produksi
2. Sebuah perangkat keras (hardware) tidak semata-mata bersifat kebendaan, tetapi terkandung didalamnya sebuahupaya cerdas untuk mewujudkan tujuannya sehingga factor bahan/ material tidak bersifat essensial, melainkan kecerdasan yang bersifat essensial dalam upaya perwujudan teknologi

PERKEMBANGAN TENOLOGI
Teknologi berkembang sejak dahulu kala seiring dengan kemajuan keberadaban manusia. Pada awalnya teknologi berhubungan dengan tugas eksploitasi dan pengolahan sumber daya alam berupa materi dan energy. Jenis teknologi sekarang ini, membentang dalam semua aspek kehidupan dan penghidupan manusia, seperti :
a. Teknologi eksploitasi berburu, menangkap ikan, memeti, bertani, dll
b. Teknologi pengolahan merebus, memenggang fermentasi, melebur bahan, dll
c. Teknologi transportasi menjinakkan hewan liar, membuat rakit, perahu, kapal, dll
d. Teknologi kenyamanan membuat pakaian , pagar, rumah perkakas,dll
e. Teknologi peningkatan potensi manusia, membuat pakaian berburu, bertani, menangkap ikan, dll
Jenis teknologi yang terakhir disebutkan adalah focus pengembangan teknologi dewasa ini dan masa yang akan datang. Jenis tersebut dapat dipilah-piulah sebagai berikut:
a. Teknologi material
b. Bioteknologi
c. Teknologi informasi
Untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dewasa ini dan dimasa yang akan datang , maka timbul masalah bagaimana cara penguasaan, pemanfaatan, dan pengendaliannya agar kemajuan teknolgi tidak menjadi bumerang bagi ke;langsungan hidup manusia.


PERKEMBANGAN TINGKATAN KEPUASAN
Sehubungan dengan pemenuhan tingkat kepuasan, maka kualitas proses teknologi selalu ditingkatkan untuk mempertinggi nilai efisiensinya. Nilai efisiensi tersebut terdiri dari:
a. Daya yang terkandung dalam produk
b. Daya yang terbuang melalui aliran limbah
c. Daya yang hilang melalui pertukaran kalor dengan lingkungan
d. Daya yang terdaur ulang
e. Daya yang termusnahkan karena proses irrevesibel
Dan data mengenai daya masukan yang terdiri dari :
a. Daya yang terkandung dalam bahan baku
b. Daya yang terkandung dalam fluida kerja, arus listrik, arus panas, penjalarangelombang mekanik,dll
Perkembangan teknologi terus berlangsung dalam rangka mempertinggi nilai efisiensi, mereduksi produk sampingan yang merupakan bahan buangan, dan mengolah limbah sebelum dibuang. Apabila perkembangan teknologi tidak diupayakan maka laju degradasi kualitas lingkungan tidak dapat direduksi.



PENDEKATAN PEMIKIRAN
Jenis-jenis teknologi yang dikembangkan umat manusia adalah Implementasi praktis dari kecerdasan manusia sehingga Frederick Ferre (1988) menyebetkan bahwa nilai-nilai yang dimiliki manusia apakah yang baik maupun buruk terbawa dan tercermin dalam produk teknologi yang dihasilkannya, atau paling tidak akan tercermin dalam penggunaan dan perawatan barang-barang teknologi yang dimilikinya. Teknologi sebagai metodologi praktis akan terus mengalami penyimpangan berjalan diluar control manusia,diluar nilai luhur sehingga munculnya efek sampingan sebagai hasil reaksi berantai antara alam dan manusia tidak dapat dihindarkan.
Menurut Aroef M (1996) bahwa konsep kebijakan manajemen pengembangan teknologi memerlukan tahapan yaitu :
1. Memilih jenis-jenis teknologi yang akan dipergunakan dari jenis yang sudah dikenal/dikuasai
2. Mengasimilasikan satu sama lain atau dengan teknologi maju yang terjangkau
3. Mengembangkan hasil asimilasi tersebut lebih lanjut dengan proses inovasi
4. Dan kemudian mengkomersialisasikannya
Sedangkan menurut pendapat Iskandar U (1996) bahwa teknologi yang akan dikembangkan dapat ditinjau dari 4 komponen yaitu :
1. Teknologi yang dapan meningkatkan kekuatan dan kemampuan pengendalian (technoware)
2. Teknologi yang dapat meningkatkan kemampuan pemanfaatan sumber daya (humanware)
3. Teknologi yang dapat mengorganisasikan kegiatan untukpencapaian target (organ ware)
4. Teknologi yang dapat meningkatkan kepastian dan efisiensi (infoware)
Program pengembangannya, atau managemen perubahan penguasaan teknologi juga dapat melalui 4 tahap yaitu:
1. Tahap adopsi teknologi yang kualitas produknya dikontrol oleh pihak penstransfer
2. Tahap substitusi sebagian dengan dengan pengurangan impor komponen dan suku cadang yang kualitas produknya dikontrol dengan dan indicator hasil rumusan para ahli Indonesia sendiri
3. Tahap pengembangan awal dari teknologi yang sudah dikuasai pada tahap adopsi dan substitusi
4. Tahap pengembangan lanjutan untuk menemukan teknologi maju

No comments: