Tuesday, October 12, 2010

SHIELD

SHIELD (PERISAI BENUA)


Diastropisme adalah proses pembentukan relief muka bumi oleh tenaga endogen tanpa di sertai terbentuknya magma. Jika proses ini meliputi daerah yang luas disebut epirogenesis dan hasilnya berupa pengangkatan perisai benua ( shield ) . Apabila proses ini mengenai daerah yang tidak terlalu luas disebut orogeneses. Bentuk – bentuk yang dihasilkan dari proses diastropisme antaralain: Pengunungan lipatan. Pengunungan ini terbentuk oleh gerakan mendatar dikerak bumi pada lapisan endapan yang lentur / elastis. Perisai benua atau yang biasa SHIELD merupakan dasar benua-benua yang berbentuk cembung seperti tameng. Sekarang perisai benua terkubur oleh lapsan endapan yang sangat tebal. Cranton (inti benua) atau shield (perisai) juga merupakan bagian masive suatu benua yang umumnya disusun oleh kerak granitik, merupakan bagian benua yang paling tua, dari mana inti benua berasal. Kemudian oleh proses tektonik benua itu tumbuh semakin luas ke arah luarnya melalui berbagai macam kerak luar yang menyambung sisi luarnya yang disebut proses akresi. Dataran Stabil atau Stabile Plateform adalah dataran luas di atas lapisan endapan yang menutupi perisai benua. Lapisan ini tersusun atas batuan beku yang mengalami metamorfosis (perubahan wujud). Wilayah benua dan samudra bersambung membentuk satu kesatuan wilayah yang saling terkait.

1. Bagian Penampang Samudra.

a. Lantai Abisal yaitu lantai dasar samudra dengan kedalaman kurang dari3000 m.

Contoh : dasar samudra Pasifik, dasar samudra Hindia, dan samudra Atlantik.

b. Palung Laut yaitu jurang di dasar laut yang dalam; terbentuk didaerah sepanjang zona tumbukan antara lempeng benua dan lempeng samudra yang berada didasar laut.

Contoh : palung sunda, palung jepang, palung filiphina, palung new Britaindan palung Izu.

c. Igir tengah samudra (mid oceanic ridge) yaitu jalur gunung api yang memanjang di tengah samudra. Jalur ini merupakan pusat pemekaran (spreading center) yang menyebabkan benua-benua pecah dan bergeser letaknya. Jalur ini juga merupakan pusat-pusat gempa bumi.

Contoh : igir tengah samudra atlantik.

2. Bagian Penampang Benua.

a. Stable Platform atau daratan stabil yaitu daratan luas yang terhampar di atas Shield.

Contoh : daratan Asia, Amerika utara bagian tengah dan Australia.

b. Pegunungan lipatan tepi benua. Misalnya : rangkaian peg. Sirkum pasifik dan mediterania.

c. Shelf atau tepi benua disebut juga paparan benua yaitu bagian dari benua yang tertutup air laut sampai kedalaman 200 m.

Contoh : dangkalan sahul (paparan benua Australia), dangkalan sunda (paparan benua Asia).

d. Lereng Benua yaitu tebing curam yang merupakan peralihan dari benua ke dasar samudra.


Kerak bumi adalah lapisan terluar Bumi yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra mempunyai ketebalan sekitar 5-10 km sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan sekitar 20-70 km. Penyusun kerak samudra yang utama adalah batuan basalt, sedangkan batuan penyusun kerak benua yang utama adalah granit, yang tidak sepadat batuan basalt. Kerak bumi dan sebagian mantel bumi membentuk lapisan litosfer dengan ketebalan total kurang lebih 80 km.

Temperatur kerak meningkat seiring kedalamannya. Pada batas terbawahnya temperatur kerak menyentuh angka 200-400 oC. Kerak dan bagian mantel yang relatif padat membentuk lapisan litosfer. Karena konveksi pada mantel bagian atas dan astenosfer, litosfer dipecah menjadi lempeng tektonik yang bergerak. Temperatur meningkat 30 oC setiap km, namun gradien panas bumi akan semakin rendah pada lapisan kerak yang lebih dalam. Unsur-unsur kimia utama pembentuk kerak bumi adalah: Oksigen (O) (46,6%), Silikon (Si)(27,7%), Aluminium (Al)(8,1%), Besi (Fe)(5,0%), Kalsium (Ca) (3,6%), Natrium (Na) (2,8%),Kalium (K) (2,6%), Magnesium (Mg) (2,1%). Para ahli dapat merekonstruksi lapisan-lapisan yang ada di bawah permukaan bumi berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap seismogram yang direkam oleh stasiun pencatat gempa yang ada di seluruh dunia.

Kerak bumi purba sangat tipis, dan mungkin mengalami proses daur ulang oleh lempengan tektonik yang jauh lebih aktif dari saat ini dan dihancurkan beberapa kali oleh tabrakan asteroid, yang dulu sangat umum terjadi pada masa awal terbentuknya tata surya. Usia tertua dari kerak samudra saat ini adalah 200 juta, namun kerak benua memiliki lapisan yang jauh lebih tua. Lapisan kerak benua tertua yang diketahui saat ini adalah berusia 3,7 hingga 4,28 miliar tahun dan ditemukan di Narryer Gneiss Terrane di Barat Australia dan di Acasta Gneiss, Kanada. Pembentukan kerak benua dihubungkan dengan periode orogeny intensif. Periode ini berhubungan dengan pembentukan super benua seperti Rodinia, Pangaea, dan Gondwana.


KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS HASANUDDIN

FAKULTAS TEKNIK

JURUSAN TEKNIK GEOLOGI

PROGRAM STUDI : TEKNIK GEOLOGI






TUGAS PRINSIP STRATIGRAFI

U N H A S.jpg

OLEH :

ALFONSUS I S SIMALANGO

D 611 08 289

MAKASSAR

2010

No comments: